Crew HS-1305 Gelar Simulasi Vertical Replenishment dengan KRI Diponegoro-365

Puspenerbal, HNN - Crew Helikopter HS-1305 dan KRI Diponegoro-365 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL kembali mengasah kemampuan personelnya dengan menggelar simulasi latihan pengiriman barang menggunakan helikopter Vertical Replenishment (Vertrep) pada Kamis, 25 April 2024.

Simulasi latihan yang digelar di perairan Laut Mediterania, Lebanon ini, Diskenariokan tentang prosedur pengiriman suatu barang ketika kapal berada di tengah laut, dimana helikopter tidak dapat mendarat sehingga untuk menurunkan barang tersebut harus menggunakan peralatan hoist yang ada di helikopter.

Baca Juga: Komandan dan PJU Puspenerbal Ikuti Gowes Navy Fun Bike Keliling Markas TNI AL

Helikopter AS 565 MBe HS-1305 dibawah binaan Skuadron Udara 100, Wing Udara 2, Puspenerbal, Janda yang diawaki oleh Kapten Laut (P) Rangga Birawa selaku Captain Pilot dan Copilot Lettu Laut (P) Michelle, take off dari dermaga Beirut terbang menuju ke posisi KRI.

Baca Juga: Meriahkan HUT ke-68, Komandan Puspenerbal Resmi Buka Aneka Lomba dan Pertandingan

Selanjutnya Heli hovering di atas geladak Heli untuk menurunkan barang dengan menggunakan hoist. Vertrep merupakan suatu metode dalam pembekalan di laut atau Replenishment At Sea (RAS) dengan menggunakan sarana kemampuan helikopter, dimana dalam pembekalan tersebut Heli tidak landing di kapal.

Menurut Komandan KRI Diponegoro-365, Letkol Laut (P) Wirastyo Haprabu, Latihan Vertrep ini jarang dilaksanakan, sehingga dengan adanya kesempatan latihan ini diharapkan dapat mengasah dan meningkatkan kemampuan Prajurit Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL dalam melaksanakan pembekalan di laut.

Baca Juga: Puspenerbal Gelar Penyegaran Prosedur Terbang Formasi Bagi Pilot Helikopter

"Latihan ini, juga untuk meningkatkan koordinasi, soliditas dan prosedur komunikasi antara Heli dengan KRI," pungkasnya.

Editor : Redaktur